Link Twibbon Hari Kesaktian Pancasila

Cara membuat Graphic Design Twibbon 17 Agustus sangatlah mudah, bahkan Anda dapat membuat Twibbon sendiri tanpa harus menguasai aplikasi pengeditan seperti Photoshop atau CorelDraw. dan Anda dapat membuatnya secara online menggunakan template yang disediakan oleh situs web Twibbon.

Tautan Twibbon untuk Hari Kesaktian PAncasila di bawah ini :

Twibbon Hari Kesaktian Pancasila #1

 

Twibbon Hari Kesaktian Pancasila #2

 

Twibbon Hari Kesaktian Pancasila #3

 

Twibbon Hari Kesaktian Pancasila #4

 

Twibbon Hari Kesaktian Pancasila #5

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila

Sejarah Hari Kesaktian Pancasila diperingati pada 1 Oktober dan hari lahir Pancasila diperingati pada 1 Juni. Kisah Hari Kesaktian Pancasila diawali dengan Gerakan 30 September (G30S). Pemberontakan ini merupakan bentuk upaya untuk mengubah unsur-unsur Pancasila menjadi ideologi komunis.
Hari itu, enam jenderal dan beberapa lainnya tewas dalam upaya kudeta. Namun, berkat perjuangan para pahlawan untuk melindungi Pancasila, upaya penggantian itu gagal.
Maka, sehubungan dengan peristiwa itu, maka tanggal 30 September diperingati sebagai Gerakan 30 September, dan 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila.
Arti Shakti pada Hari Suci Panchashila
Berdasarkan buku “Gereja, Agama, dan Pembangunan Nasional” karya Veinata Sirin, perayaan Hari Kesaktian Pancasila dikaitkan dengan peristiwa penting G 30 S/PKI. Hal yang paling menarik dari acara ini adalah penggunaan rumus kesaktian Pancasila.
Sebenarnya apa sih arti dari Hari Kesaktian Pancasila itu, apa arti esensial kata shakti sebelum kata Pancasila?
Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), shakti berarti kesanggupan (kemampuan) untuk melakukan sesuatu yang melampaui kodrat, memiliki kekuatan gaib; bahagia dan suci.
Makna magis dalam kesaktian Pancasila dipahami sebagai sikap, pandangan yang menegaskan bahwa hanya Pancasila yang merupakan ideologi negara yang mampu merusak persatuan bangsa, karena berpotensi kuat sebagai landasan pemersatu bangsa Indonesia yang majemuk. masyarakat.
Pancasila adalah nilai-nilai luhur yang mempersatukan banyak orang di Indonesia dan itu akan tergantung pada keinginan dan kemampuan setiap anggota masyarakat untuk secara konsisten dan konsisten mengamalkan Pancasila itu sendiri dalam semua aspek kehidupan masyarakat.
Beda dengan hari lahir Pancasila
Hari lahir Pancasila jatuh pada 1 Juni. Sejarah awal dimulai dengan kekalahan Jepang selama Perang Pasifik pada Juli 1944. Jepang yang kalah berjuang merebut hati rakyat Indonesia untuk berjanji merdeka.
Mengutip Badan Pembinaan Ideologi Indonesia Pancasila (BPIP), Jepang juga membentuk lembaga yang bertugas mempersiapkan kemerdekaan. Lembaga ini dikenal dengan nama Dokuritsu Junbi Cosakai atau Badan Pengkajian Awal Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI).
Sidang pertama BPUPKI dilaksanakan pada tanggal 29 Mei 1945 di Gedung Chuo Sangi In yang sekarang dikenal dengan Gedung Pancasila. Peserta rapat BPUPKI membahas topik utama kenegaraan.
Belum mendapat keputusan, pada 1 Juni 1945, Presiden Soekarno mendapat giliran untuk menyampaikan gagasan dan gagasan terkait dengan berdirinya negara Indonesia yang disebut Pancasila. Tanggal ini kemudian diputuskan untuk disebut sebagai hari lahir Pancasila.
Dalam gagasannya, Sukarno menyebutkan lima pilar negara Indonesia. Lima adalah nasionalisme, internasionalisme atau kemanusiaan, demokrasi, keadilan sosial, dan Tuhan Yang Maha Esa.
Rumusan Sukarno kemudian disetujui oleh anggota BPUPKI. BPUPKI juga membentuk panitia kecil untuk menyempurnakan susunan kata Pancasila dan membuat konstitusi berdasarkan lima prinsip tersebut.
Rumusan Pancasila Sukarno akhirnya diterima oleh anggota BPUPKI, yang kemudian membentuk panitia kecil untuk menyempurnakannya.
Setelah melalui beberapa kali proses hukum, susunan kata Pancasila akhirnya dimasukkan dalam Pembukaan UUD 1945 dan disahkan sebagai dasar negara dalam sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.